Skip to main content

Hitachi

Hitachi di Indonesia

Solusi Sistem Pengelolaan Air Canggih dari Hitachi

Badan Penyediaan Air dan Drainase Nasional (National Water Supply and Drainage Board-NWSDB) Sri Lanka menyoroti persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh sistem pengolahan air baru. Sistem pengolahan air yang baru yang dibuat harus menyediakan volume air hasil pemrosesan dalam jumlah yang besar kepada masyarakat di Kandy Raya. Selain itu, pekerjaan pemeliharaan yang diperlukan harus setelah proyek selesai harus sedikit melalui pengadaan pompa berkualitas tinggi. Karena pentingnya persediaan air hasil pemrosesan untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan di wilayah tersebut, maka tidak boleh ada gangguan dalam persediaannya. Hitachi Plant Technologies memahami pentingnya keberhasilan penyampaian proyek dan menetapkan untuk memberikan solusi yang dapat memenuhi tekanan kebutuhan masyarakat Sri Lanka.


Pengiriman pompa berkualitas

Delivery of quality pumps

Di bawah fase I, Tingkat I, struktur Asupan dibuat untuk mendapatkan air dari Sungai Mahaweli. Diameter pipa saluran transmisinya adalah 700mm dan dibangun di sepanjang Sungai Mahaweli. Jembatan pipa dibuat di Gohagoda untuk tujuan pemompaan air di sepanjang jembatan. Air kemudian akan dimurnikan di unit pengolahan yang dibangun di Katugastota, air murni tersebut kemudian akan didistribusikan ke layanan penampungan melalui saluran pipa sepanjang 26,5 km di wilayah Kandy Raya. Selain kebutuhan untuk menyediakan air dalam jumlah besar ke wilayah Kandy Raya, stasiun pemompaan juga harus dapat memompa air sampai ke wilayah yang tinggi di dalam Kandy seperti Kurugoda.

Untuk memenuhi tantangan yang rumit dari proyek ini, Hitachi Plant Technologies memilih pompa dengan kualitas terbaik untuk memastikan pengiriman air yang lancar ke lokasi yang diperlukan. Sistem distribusi air pada proyek ini sangatlah luas dan terdapat beberapa peluang untuk penyelewengan jika sistem pompa Hitachi Plant Technologies tidak memiliki kualitas yang sangat baik. Sejak didirikan pada tahun 2006, sistem pengolahan air yang dibangun oleh Hitachi masih berfungsi dengan sangat baik tanpa adanya gangguan.


Sistem Kontrol Pengawasan dan Akuisisi Data (Supervisory Control and Data Acquisition System - SCADA)

Supervisory Control and Data Acquisition System (SCADA)

Karena sifat proyek ini yang sangat besar dengan fasilitas pemompaan dan penampungan yang membentang di area yang luas, maka penting untuk memiliki sistem kontrol pusat untuk mengawasi status fasilitas. Hitachi membangun sistem SCADA yang saat ini berada di markas NWSDB dengan operator terlatih yang saat ini mengawasinya. Salah satu keuntungan utama dari sistem SCADA adalah kehilangan air pada sistem yang ada dapat diidentifikasi sehingga dapat langsung diperbaiki.

Sistem SCADA terdiri dari beberapa subsistem yang beroperasi bersamaan. Pertama, sistem komputer menerima data proses yang dilakukan pada fasilitas. Terdapat unit terminal jauh yang melekat pada sensor selama proses. Unit ini bertanggung jawab untuk mengirimkan data digital ke sistem komputer pengawas. Sistem ini juga terdiri dari jaringan komunikasi yang digunakan untuk mengirim data antara sistem pengawas dan unit terminal jauh. Akhirnya, data proses dan analisis dari fasilitas ditampilkan pada antarmuka secara real-time. Melalui antarmuka itu, operator terlatih mendapatkan akses ke data diagnostik yang sangat penting agar dapat mengawasi dan mengontrol proses dengan lebih efektif.

Melalui implementasi sistem SCADA, pemeliharaan sumber daya air bersih yang terbatas dapat ditingkatkan. Selain itu, utilitas maksimum bisa didapatkan dari uang yang dikeluarkan dari pinjaman luar negeri dan dana ini akan membantu ekspansi fasilitas pasokan air dari pipa di masa yang akan datang kepada seluruh masyarakat Sri Lanka.


Untuk proyek ini, kami mengenalkan sistem SCADA dan sistem ini sangatlah membantu karena mengurangi jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk pengoperasian dan pemeliharaan unit. Untuk membantu membekali teknisi Sri Lanka dengan teknologi yang inovatif, Hitachi juga memberikan pelatihan kepada mereka dengan niat yang baik.

Mr. M. S. Pinto
Kepala Insinyur, Hitachi Plant Technologies Ltd. (Sri Lanka)

Mr. M. S. Pinto, Chief Engineer,

Click here to view Water Recycling Process


Mereka telah melatih karyawan kami dan meskipun tidak tercantum di kontrak, mereka dapat membantu kami, terutama dalam pengoperasian sistem SCADA, yang baru bagi negara kami.

~ Mr P.H. Sarath Gamini, Project Director,
Badan Penyediaan Air dan Drainase Nasional (National Water Supply and Drainage Board-NWSDB)

Solusi Hitachi

Solusi yang akhirnya diberikan oleh Hitachi:

  • Pengiriman pompa berkualitas yang memastikan ketahanan seumur hidup dari sistem pengolahan air
  • Sistem SCADA yang memungkinkan pengawasan proses pengolahan air pada beberapa lokasi
  • Pelatihan teknisi lokal dalam pengoperasian unit pengolahan air