Skip to main content

Hitachi

Hitachi di Indonesia

Tantangan Meningkatnya Permintaan Air Bersih: Tantangan Kebutuhan Air di Kandy

Berkembangnya populasi di provinsi Pusat Sri Lanka telah jauh melampaui ambang batas yang dapat didukung oleh penyediaan air minum yang tersedia. Persediaan air hanya tersedia seminggu sekali, oleh karena itu masyarakat Kandy Raya harus bergantung pada tangki penyimpanan air yang besar untuk menyimpan air atau pergi ke sumur yang jauh untuk mengumpulkan air. Kurangnya akses ke air bersih menghambat pertumbuhan ekonomi Kandy Raya, karena salah satu sumber pendapatannya yang signifikan berasal dari industri pariwisata.

Pada tahun 2001 sensus Sri Lanka memprediksikan bahwa pertumbuhan populasi yang cepat di wilayah Kandy Raya terlihat jelas, hal ini membuat augmentasi persediaan air bersih ke area menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat. Pemerintah Sri Lanka lalu memutuskan untuk mengimplementasikan proyek persediaan air untuk meningkatkan persediaan air bersih kepada masyarakat Kandy Raya. Tn. PH Sarath Gamini, direktur proyek Badan Persediaan Air dan Drainase Nasional (National Water Supply and Drainage Board-NWSDB) meminta tender proyek dengan persyaratan berikut.


Persediaan air untuk populasi yang berkembang di Kandy Raya

Atas permintaan pemerintah Sri Lanka, studi dilakukan oleh Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency-JICA) untuk menentukan kemungkinan meningkatnya persediaan air minum ke wilayah Kandy Raya. Studi mengungkapkan bahwa proyek untuk mengaugmentasi persediaan air minum harus menghadapi beberapa tantangan teknis. Jalan yang sempit dan berkelok-kelok serta jalur akses yang sulit ke lokasi layanan penampungan air meningkatkan kompleksitas dalam pembangunan pipa saluran.


Komponen listrik dan mekanis dari proyek sangatlah penting untuk keberhasilannya, dan kami harus memilih kontraktor yang kompeten untuk melakukannya

Mr P.H. Sarath Gamini
Direktur Proyek, Badan Penyediaan Air dan Drainase Nasional (National Water Supply and Drainage Board-NWSDB))

Mr P.H. Sarath Gamini, Project Director (NWSDB)


Dukungan dengan pompa tahan lama yang akan berfungsi tanpa gangguan

Di masa lalu, unit pengolahan air yang dibuat pada tahun 1989 menyediakan air bersih terutama ke wilayah itu. Proyek itu disebut proyek persediaan air Kotamadya Kandy.

Terlepas dari kurangnya kapasitas air yang diberikan oleh unit pengolahan air sebelumnya, kualitas pompa tidak andal, yang menyebabkan sering terjadinya semburan pipa yang mengganggu persediaan air ke masyarakat setempat. Adanya lumpur di air mengikis pompa, yang juga menyebabkan semburan pipa. Diperlukan biaya mahal untuk memperbaiki keadaan ini tiap kali semburan pipa muncul, oleh karena itu persyaratan penting yang ditetapkan oleh Badan Penyediaan Air dan Drainase Nasional (National Water Supply and Drainage Board-NWSDB) pemerintah Sri Lanka adalah penawar proyek harus dapat memastikan kualitas pompanya.

Tujuan direktur proyek Badan Penyediaan Air dan Drainase Nasional (NWSDB) adalah meningkatkan kapasitas persediaan air untuk memenuhi kebutuhan populasi yang berkembang dari Kota Kandy dan wilayah Kandy Raya. Setelah proyek ini selesai, penting sekali bagi wilayah tersebut untuk memiliki akses ke persediaan air bersih tanpa gangguan karena hal itu dapat mengarahkan pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut melalui kesehatan publik yang lebih baik, industri pariwisata yang lebih dinamis, serta kondisi kehidupan warga setempat yang meningkat.


Kualitas sistem pompa sebelumnya tidak tahan lama karena pasir yang memasuki sistem kemudian membuatnya rusak.

~ Mr. M. S. Pinto, Chief Engineer,
Hitachi Plant Technologies Ltd. (Sri Lanka)

Mengawasi dan mengontrol proses pengolahan air di beberapa lokasi di wilayah tersebut

Besarnya skala proyek berarti pengawasan proses pengolahan air dapat menimbulkan biaya pengoperasian yang tinggi. Jumlah personel yang banyak harus direkrut untuk menginspeksi lokasi secara berkala untuk memastikan kelancaran operasi proses pengolahan.

Persyaratan utama lainnya yang ditetapkan oleh NWSDB adalah memiliki biaya pemeliharaan dan operasi yang rendah setelah proyek selesai. Dapat mengawasi status proses pengolahan air secara efisien adalah tantangan teknis yang harus diatasi oleh teknisi Hitachi. Mereka harus mendesain dan membangun sistem persediaan pengolahan air menggunakan praktik yang paling canggih. Namun yang terpenting, sekarang adalah janji air bersih bagi masyarakat Kandy Raya.

Tantangan

Challenges of the water supply project in Greater Kandy:

  • To supply a large volume of treated water to the growing population in Sri Lanka
  • To support with durable pumps that would be functioning without disruptions
  • To monitor and control the process of water treatment over multiple sites in the region