Skip to main content

Hitachi

Hitachi di Indonesia

Tantangan Masalah Kompresor Udara SEP

Sejak tahun 1979, Singapore Epson Industrial Pte Ltd (SEP) telah menggunakan kompresor udara dalam proses produksi mereka. Semua kompresor udara yang digunakan pada saat itu adalah jenis piston berpelumas dan berpendingin air.


Pemeliharaan untuk kompresor udara piston berpelumas sangat rumit. Kompresor jenis ini juga mengeluarkan terlalu banyak kebisingan dan getaran, sehingga menyebabkan polusi lingkungan yang merupakan masalah bagi para pekerja saat bekerja di ruangan yang sama.

Mr Henry Koh
Assistant General Manager Departemen Fasilitas Pabrik SEP.

Mr Henry Koh, Assistant General Manager of SEP’s Factory Facilities Department


Apa itu Kompresor Berpelumas?

Picture: SEP's Compressor Problems Kompresor piston berpelumas memiliki penangas minyak untuk menjaga bantalan dan silinder agar tetap terlumasi. Meskipun piston dilengkapi dengan ring untuk menjaga minyak agar tetap masuk ke udara, beberapa minyak dalam bentuk aerosol pasti akan masuk ke udara terkompresi.

Bagi sebagian besar industri, sistem filtrasi yang banyak diperlukan untuk mengeluarkan minyak. Namun, kompresor udara semacam ini membutuhkan banyak pemeliharaan berupa pemeriksaan minyak secara teratur, penggantian yang sering pada pengikis dan sabuk ring, serta pembersihan kerak pipa untuk pendingin air.